21.50

Laptop adalah gadget yang sangat berguna dan mahal harganya . Oleh karena itu , kalau kita memilikinya , mesti kita rawat dan jaga agar awet. Bagaimana caranya ?

Hindari panas
Sebelum menggunakan laptop , sebaiknya buka dulu case atau pelindungnya . Hal ini untuk mencegah agar laptop tidak menjadi panas . Sebab , bila sedang digunakan laptop masih tertutup case atau pelindung , Sirkulasi uadara tidak mengalir keluar . Akibatnya laptop jadi cepat panas dan Processor atau komponen lain di dalamnya mudah rusak .

Simpan Dalam Tempat yang rapat
Jika laptop tidak di gunakan dalam waktu yang lama , simpanlah Laptop dalam tempat yang rapat . dan pada tempat tersebut selipkan silica gel (bungkusan kecil yang biasanya terdapat pada sepatu atau tas baru ) . Karena bahan kimia tersebut menyerap uap air , sehingga kelembapannya tetap terjaga .

Hindari Benturan
Saat dibwa , usahakan laptop kita tidak terbentur , terhimpit , tertindih benda-benda berat , atau terjatuh. Sebab , LCD (layar monitor) dan prosesornya bisa cepat rusak bila terkena benturan atau tertindih benda-benda berat

Lindungi Keyboard
Agar Keyboard kita tidak mudah terkena debu, gunakan pelindung Keyboard . pelindung Keyboard ini berupa lembaran Transparan yang di sebut Keyboard Protector
Jangan Dipakai Berlama-lama
Meski Specifikasinya sama , laptop tidak bisa disamakan dengan DESKTOP . laptop adalah komputer tipis yang memang dirancang untuk aktivitas yang mobile agar praktis , bukan untuk pemakaian tetap dalam jangka waktu lama , jika di paksa di pakai berlama-lama laptop kita akan cepat rusak .

Perhatikan cara pengisian baterainya
Salah satu kelemahan laptop adalah pada daya tahan baterainya yang cepat habis dengan cara baca dan ikuti cara pengisian baterai sesuai buku petunjuk , isilaha baterai pada saat laptop dala kondisi mati atau tidak di gunakan . Jika baterai laptop sudah penuh segera cabut dari sumber listrik.

Gunakan software yang aman
Sebaiknya jangan sembarangan mendownload software dari internet . Apalagi software yang seolah-olah merupakan anti virus . Sebab, bisa jadi software tersebut malah pembawa virus! Oleh karena itu gunakanlah software yang aman, misalnya yang sudah menjadi bagian dari paket laptop dan jaga selalu program asli dari pabriknya .Dengan begitu , laptop dapat kita gunakan dengan nyaman tanpa gangguan .