00.07

Seperti yang kita semua ketahui, SMPN 1 Banyuwangi kini telah memasuki taraf RSBI atau Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Hal ini tentu menjadikan sekolah yang satu ini sebagai sekolah favorit. Namun, sebenarnya dari dulu sekolah ini telah menjadi dambaan semua siswa yang akan lulus dari bangku SD. Gelar "RSBI" hanya memperkuat tekad siswa untuk masuk ke dalam SMP yang satu ini.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2010-2011 telah dimulai tanggal 1 Maret kemarin. Jumlah pendaftar yang masuk sudah cukup banyak untuk hari pertama. Dan hari yang kedua pun ada penambahan jumlah pendaftar yang bisa dibilang tidak terlalu banyak untuk peningkatan, namun telah banyak untuk jumlah pendaftar.

Wali muridlah yang menjadi tokoh dalam peristiwa ini. Namun, siswa tetap ikut mendampingi. Mulai dari pengambilan map, pembacaan petunjuk pengisian formulir, pengisian formulir, hingga pendaftaran di loket, semuanya orang tua yang memperjuangkan. "Saya ingin anak saya bisa masuk ke sini, soalnya sudah terkenal di masyarakat sebagai sekolah unggulan," ucap Bu Edi, salah satu wali murid yang hadir pada hari pertama.

"Saya ingin masuk ke sini karena banyak kakak kelas dan teman-teman saya yang masuk sini. terus, ada yang bilang juga murid-murid di sini itu pinter-pinter," ujar Tofan, salah satu calon siswa SMPN 1 Banyuwangi. Sekarang, mereka dapat mengatakan hal-hal yang baik tentang sekolah tercinta ini. Namun, apakah setelah masuk ke SMP RSBI ini, mereka dapat mempertahankan nama baik sekolah yang dulunya mereka puja-puji ini? (joe)