23.46

Kantin, suatu tempat yang tak asing lagi bagi kita semua. Tempat semua orang untuk memenuhi keinginan perut. Di kantin, tersedia berbagai macam makanan serta minuman. Di mana saja ada, baik di rumah sakit, di kantor, di sekolah apa lagi. pasti semua sekolah mempunyai kantin kejujuran.

Tak terkecuali sekolah yang satu ini. SMPN 1 Banyuwangi, memiliki kantin UKS yang terdiri dari beberapa cafe, di mana para wiraswasta yang telah menyewa tempat di sana menjual makanan yang mereka sediakan. Ada pula koperasi siswa, yang menyediakan berbagai hal, mulai dari makanan, minuman, alat tulis, foto copy, hingga wartel.

Namun. baru-baru ini, ada sebuah terobosan dahsyat yang telah diluncurkan oleh sekolah, tentunya berkat kerja sama dari pemerintah dan Depdiknas Kabupaten Banyuwangi. Hal tersebut adalah sebuah kantin kecil yang diberi nama Kantin Kejujuran. Namanya juga kantin kejujuran, fungsinya jelas untuk mengetes, seberapa besar kejujuran dari siswa yang bersekolah di sana.

"Kantin ini merupakan bukti, bahwa SMPN 1 Banyuwangi telah pantas menjadi RSBI dan siap menjadi sekolah yang bertaraf Internasional,"  ucap Bu Rika Wulandari, saat launching  kantin kejujuran. Memang, di kantin ini siswa sangat dituntut dalam hal kejujuran. Tidak ada yang melayani, dan juga tidak ada yang menjaga. Tidak ada kamera pengintai pula. Apabila mau membeli sesuatu, siswa harus mengambil sendiri, membayar sendiri, serta mengambil kembalian sendiri, apabila memang uang yang dibayar lebih dari jumlah belanjaan.

Apabila kantin ini berhasil, maka kejujuran dari siswa SMPN 1 Banyuwangi telah teruji, 100% bukan para koruptor dan siap bersaing di dunia luar untuk menjadi manusia yang sukses. Namun, siapa yang tahu, kira-kira apa yang akan terjadi setahun ke depan dengan kantin kejujuran ini?